Wisata Religi Ke Masjid Al-Markaz Bone

Kota Bone merupakan salah satu kota yang terkenal dengan mayoritas warganya beragama islam,yang mana sudah pasti sejalan bahwa kota tersbeut mempunyai jumlah masjid yang cukup banyak.

Di Kabupaten Bone, berdasarkan data, ada 1.447 masjid dan 1.584 musalla yang tersebar di Kabupaten Bone. Secara keseluruhan, ini menunjukkan bahwa Bone adalah salah satu daerah di Sulawesi Selatan dengan masjid dan ruang sholat terbanyak.

Wisata Religi Ke Masjid Al-Markaz Bone

Dari catatan sejarah masjid tertua di Bone saat ini adalah Masjid Al-Mujahidin, yang terletak di Jalan Sungai Citarum Watampone.

Masjid ini menjadi saksi sejarah perkembangan Islam di Bone. 

Juga dikenal sebagai “masjid tua”, masjid ini dibangun oleh La Maddaremmeng, raja Bone ke-13 yang memerintah pada 1631-1644. 

Selama masa pemerintahannya ia membangun masjid pada tahun 1639. Masjid lama Al-Mujahidin karenanya berusia 381 tahun.

Sementara itu, Masjid Agung di Watampone Mosque Street dibangun oleh La Mappanyukki, Raja Bone ke-32 yang memerintah pada 1931-1946. La Mappanyukki dikenal taat dalam penerapan hukum Islam, jadi pada tahun 1941 ia mendirikan Masjid Agung Watampone. 

Pada saat itu, La Mappanyukki mengundang seorang manajer perusahaan Belanda bernama Mr. Resident Boslaar untuk mendedikasikan masjid berusia 79 tahun itu.

Selanjutnya, Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif di Jalan Ahmad Yani Watampone dibangun pada awal 80-an. Masjid ini awalnya disebut Masjid Agung Kabupaten Bone “As-Salam”, yang pada saat itu menjadi bupati. dipegang oleh H. Andi Syamsoel Alam.

Perubahan nama dilakukan pada masa pemerintahan Bupati H. Andi Muh. Idris Galigo, muncul dari cita-cita menjadikan masjid ini pusat peradaban Islam di Kabupaten Bone pada khususnya dan di Belahan Timur Provinsi Sulawesi Selatan pada umumnya.

Kata “Al-Ma’arif” adalah bentuk jamak dari kata ma’rifah dan derivasi dari kata arafah berarti mengenali. Arti kata ini meliputi segala sesuatu yang diketahui, baik dalam konteks agama, sains dan adat istiadat yang hidup di masyarakat, baik secara lokal maupun nasional.

Karenanya, nama Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif akan menginspirasi lahirnya kebajikan dan pertumbuhan serta perkembangan peradaban Islam di Kabupaten Bone. Keberadaan Masjid Al-Markaz Al-Ma’arif tidak dapat dilihat secara terpisah dari peran utama yang dimainkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bone.

Secara historis, masjid di seberang kantor Bupati Bone mulai dibangun sejak 1980-an. Pada saat itu, pejabat pemerintah H.P.B. Harahap Selesainya pembangunan fisik fasilitas keagamaan selesai ketika pejabat Bupati saat itu adalah H. Andi Syamsoel Alam (1988-1993).

Masa pemerintahan bupati H. Andi Muh. Idris Galigo, bangunan monumental itu mendapat perhatian cukup serius. 

Di mana rehabilitasi besar dilakukan di semua bagian masjid. Dengan demikian, struktur organisasi dan personil manajemen juga dibentuk.

Selanjutnya, ada sebuah Masjid Amirul Haq, yang mana masjid ini mempunyai desain kubah Masjid seperti masjid Songkok yang ada di kota Bone. Ada pula amsjid Amirul Haq yang mempunyai arti pembela kebenaran dan membela keadilan. 

Tidak seperti masjid lain yang dibangun dengan APBD, masjid unik ini dibangun atas prakarsa dan prakarsa Bupati Bone saat ini, Mr. H.A. Fahsar Mahdin Padjalangi. Juga dikenal karena kepentingan agama dan budayanya, ia bahkan menginginkan Kubah Masjid seperti kubah yang ada pada masjid Songkok.

Dengan cara ini, ada harmoni budaya sebagai kearifan lokal dengan komunitas agama Bone. 

Sehingga masjid ini sangat tepat, karena nantinya akan menjadi pendidikan selain sebagai alat ibadah bagi generasi penerus.

Sementara konstruksi tidak memiliki satu sen untuk mendapatkan dana APBD Kabupaten Bone, konstruksi masih berlangsung. 

Bahkan, sekarang terlihat lebih indah sejauh mata memandang. Kami berharap bahwa konstruksi akan segera selesai.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>