Liburan ke Surabaya, Yuk Mampir Sholat ke 4 Masjid Ikonik Ini

Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia dan ibukota Jawa Timur. Kota ini juga merupakan salah satu tujuan perjalanan paling populer bagi wisatawan lokal dan asing.

Nah, apakah Sahabat Dream merencanakan perjalanan ke Surabaya dalam waktu dekat? Jika demikian, jangan lupa berdoa di 4 masjid keren dan legendaris berikut ini.

1. Masjid Al-Akbar

Masjid, juga dikenal sebagai Masjid Agung, adalah salah satu masjid terbesar di Jawa Timur dengan arsitektur yang luar biasa dan menakjubkan. Kubah ditutupi dengan pola hijau pirus unik yang menonjol pada siang hari.

Pengunjung bahkan dapat naik lift ke menara tunggal dan kemudian menikmati pemandangan kota yang indah. Interior masjid yang spektakuler memiliki langit-langit yang sangat tinggi dan mihrab yang indah dihiasi dengan kaligrafi Alquran emas.

Liburan ke Surabaya, Yuk Mampir Sholat ke 4 Masjid Ikonik Ini

Anda juga dapat mengunjungi Pasar Malam Karnaval Pariwisata Surabaya, yang berjarak 10 menit berkendara dari masjid untuk menikmati berbagai makanan dan wahana.

2. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Ini adalah masjid yang harus dikunjungi di Surabaya untuk melihat perpaduan budaya yang unik. Masjid ini awalnya dibangun sejak ratusan tahun yang lalu oleh laksamana Cina Haji Muhammad Cheng Hoo untuk komunitas Muslim Cina di Surabaya. Bagian luar masjid sangat dipengaruhi oleh arsitektur Cina dan Islam sehingga menyerupai kuil Cina – dengan atap melangkah tradisional dengan ubin hijau muda yang dibatasi oleh dinding merah dan kuning dan dinding bata merah.

3. Masjid Ampel 

Masjid ini dibangun oleh Sunan Ampel pada tahun 1421 dan merupakan masjid tertua ketiga di Indonesia.

Sunan Ampel meninggal pada tahun 1481 dan makamnya berada di sebelah barat masjid ini. Masjid itu berdiri tinggi dengan kolom putih besar dan kompleks makamnya terdiri dari halaman bagian dalam dan sebuah gerbang. Pengaruh arsitektur Arab dan Islam terlihat jelas dalam bangunan dan interiornya yang terang dan lapang dengan kolom-kolom dekoratif layak untuk dilihat.

Masjid ini juga merupakan tempat wisata populer di Surabaya. Ada beberapa tempat bagus di daerah ini untuk membeli oleh-oleh dan mencoba masakan lokal.

4. Masjid Rahmat Kembang Kuning

Masjid Rahmat adalah salah satu masjid tertua di Surabaya, yang kaya akan sejarah. Gerbang masjid dilapisi dengan pintu masuk dekoratif ke halaman, kubah putih besar dan dua menara dekoratif, semua dipengaruhi oleh arsitektur Islam.

Pintu kayu mengarah ke interior masjid yang luas dan nyaman, yang menawarkan suasana damai dengan pilar-pilar hijau marmer dan langit-langit yang megah. Selain shalat, masjid ini terbuka untuk semua wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Masjid adalah tempat ibadah bagi umat Islam. Sekarang itu terkait dengan kubah masjid untuk berbicara tentang masjid. Seperti yang bisa kita lihat, kubah adalah ciri khas bangunan masjid.

Kita bisa mengetahui bangunan atau tempat di mana itu adalah masjid dari kubah. Nah, karena itu adalah ciri khas bangunan masjid, di mana pun kita berada, ketika kita mencari masjid, kita dapat menemukannya di luar kubah.

Tidak semua masjid di Indonesia memiliki kubah masjid. Nah, karena Indonesia memiliki budaya dan budaya yang berbeda di setiap desa, ada juga banyak masjid yang tidak memiliki kubah, karena ini adalah ciri khas masjid khas nusantara yang merupakan peninggalan para santa kuno.

Tetapi beberapa orang yang membangun kubah masjid diwajibkan karena mereka adalah simbol dari bangunan masjid. Karena masjid yang dibangun dengan atap (kubah masjid), dapat menjadi referensi bagi para pelancong sebelumnya untuk pergi ke tempat ibadah (masjid).

Kubah masjid bukan hanya simbol atau fitur bangunan masjid, tetapi kubah masjid juga merupakan bentuk ukuran atau keindahan masjid. Nah, dari kubah masjid kita bisa jadi hebat dan cantik dari masjid. 

Masjid tidak hanya memperindah bangunan sebuah masjid, tetapi juga bertindak sebagai tanda arah kiblat dari luar dan sebagai reflektor.

Masjid dengan kubah masjid semakin terang. 

Karena di bagian luar kubah masjid, reflektor cahaya digunakan untuk menerangi bagian dalam bangunan itu sendiri. Dalam artikel ini, kami sekarang akan berbagi informasi untuk pembaca setia kompasiana.com tentang jenis-jenis kubah masjid. Oke, lanjutkan untuk informasi lebih lanjut.

Jenis kubah masjid

Kubah masjid memiliki tipe yang berbeda. Setiap kubah masjid ini memiliki kekuatan serta daya tahan yang sangat kuat serta mempunyai karakteristik yang hadir di kubah masjid, yang terletak di antara kubah masjid biasa (GRC) dan kubah masjid yang menggunakan gulvalum dan enamel.

Ada dua bahan dasar yang digunakan untuk membangun / membuat kubah masjid, yaitu membuat kubah masjid dari bahan baja ringan, yaitu lempengan enamel dan galvalum yang terbuat dari bahan beton (GRC).

Kali ini admin akan sedikit menjelaskan kepada anda tentang ragam jenis-jenis kubah masjid yang mana secara garis besar semuanya terbuat dari dua bahan dasar yang cukup diminati banyak orang, yaitu beton (GRC) dan baja ringan, yaitu galvalum dan juga bahan enamel.  Jual Kubah Masjid

Kubah masjid bahan GRC

Kubah masjid, yang dibangun dengan bahan utama GRC atau yang biasa di singkat dengan sebutan Glassiber Fiber Reinforced Cemen atau lebih dikenal dengan beton, memiliki kualitas yang sangat kuat dan juga kuat. Kubah yang dibangun dengan beton sebagai alas lebih tahan lama karena daya tahannya yang kuat karena sinar matahari dan hujan. 

Namun, dalam tahapan membangun kubah masjid menggunakan bahan utama beton atau dalam istilah modern disebut dengan GRC sebagai bahan dasarnya membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

Untuk membangun kubah masjid dari bahan dasar, ini harus diperhitungkan ketika mendirikan bangunan masjid itu sendiri. Karena kubah masjid, yang dibangun dari beton atau GRC, memiliki beban yang tinggi dan fondasi bangunan masjid itu sendiri harus secara otomatis sangat kuat untuk menahan beban dari kubah masjid. 

Kubah masjid enamel dan galvalum

Untuk kubah masjid jenis ini ada banyak yang menjual kubah masjid yang sudah jadi. Kubah masjid yang terbuat dari beton atau GRC, ada banyak bahan dasar lain yang digunakan untuk pembangunan kubah Masji. Nah, di sini saya akan menjelaskan kubah masjid, yang dibangun dari baja ringan atau enamel dan lempengan Galvalum.

Berbicara soal kubah Masjid,tentunya di Indonesia saat ini sedang masif di temukan jasa-jasa penyedia Kontraktor Kubah Masjid dan tersebar luas di Kota-Kota besar di Indonesia.

Namun,tentunya dengan banyaknya jasa kontraktor kubah masjid maka anda pun harus teliti dalam memilih dan pastikan bahwa konbtraktor kubah yang anda pilih benar benar mempunyai pengalaman dan mampu bekerja secara profesional.

Jadi, kali ini kami akan memberi Anda sedikit informasi tentang saran dalam memilih pembuat masjid kubah yang benar-benar berpengalaman.

Banyak Bangunan Kubah dan Pemasang Masjid hari ini. Tetapi ini benar-benar bukan prioritas untuk kualitas. Jadi menemukan pembuat kubah masjid yang andal tidaklah mudah. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>