Kemegahan Masjid Islamic Dato Tiro Bulukumba

Bulukumba adalah sebuah nama untuk kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Di distrik ini ternyata juga mempunyai bangunan berupa masjid yang menjadi pusat kajian agama Islam khusus nya di wilayah Bulukumba, yang biasa dikenal sebagai masjid dato-Islami ‘Tiro.

Masjid Pusat Islam Dato Tiro terletak di distrik Jalan Sultan Hasanuddin Ujung Bulu Muda. 

Kemegahan Masjid Islamic Dato Tiro Bulukumba

Anda juga akan menemukan keberadaan masjid ini lebih mudah karena terletak di poros jalan menuju Sinjai-Bulukumba-provinsi Makassar. Proses pembangunan masjid juga memakan waktu sangat lama hingga masjid akhirnya selesai dalam bentuk yang sangat indah. 

Nama masjid ini diambil dari nama Datuk, itu adalah pembawa agama Islam di Bulukumba.

Jika Anda ingin memasuki masjid ini, Anda akan menemukan tangga di pintu masuk utama sebagai pengantar bagi peziarah untuk memasuki masjid. Juga membuat jendela besar di kanan dan kiri, membuat para jamaah merasa nyaman di masjid.

Di dalam masjid, langit-langit juga telah dipasang dengan penambahan ornamen seperti menulis kaligrafi dan pengaturan taman. Bukan hanya tentang bagian dalam, tetapi juga tentang tempat parkir.

Kombinasi warna antara bangunan Kubah Masjid dan juga dinding luar masjid juga sangat harmonis. Sehingga masjid ini sudah terlihat sangat megah dan indah dari kejauhan. Ketika Anda melihat bahwa dinding luar masjid dicat dengan dongker putih, krem ​​dan biru. 

Sedangkan untuk kubah kecil yang dibangun di atas menara, ia mendapat warna biru muda yang cocok dengan warna kubah besar. Dinding masjid luar juga menampilkan dekorasi gambar batik yang menyesuaikan dengan motif besar kubah.

Keindahan motif dindingnya sangat mencolok, sehingga kesan bangunan masjid sangat khas. 

Motif di dinding bagian dalam juga sama dengan motif di dinding luar masjid. Khusus untuk motif dinding di atas pilar masjid ini. 

Pilar luar masjid itu sendiri mendapat cat biru dongker sementara tiang-tiang pendukung di masjid mendapatkan warna yang lebih cerah yang diwarnai agar sesuai dengan warna motif dinding masjid.

Untuk kubah, masjid memiliki 1 kubah utama dengan kubah terkait di sekitar kubah utama. Ujung menara juga membuat tidak kurang dari 2 kubah kecil. Untuk kubah utama dan kubah yang menyertainya adalah motif seperti motif batik, tetapi ada motif kotak-kotak atau berlian. Jenis kubah ini jelas merupakan kubah panel enamel. Kombinasi warna kubah utama dan terkait adalah antara biru tua, biru muda dan putih.

Tiga warna kubah utama dan yang menyertainya beradaptasi dengan warna bangunan masjid di bawah ini. Putih adalah warna yang sama dengan dinding masjid, sedangkan biru tua cocok dengan warna posting masjid luar. 

Sedangkan untuk warna biru muda, cocokkan dengan warna kubah kecil di ujung menara, yang juga warna yang sama dengan biru muda.

Kubah yang dipilih untuk membangun masjid sangat populer saat ini. Jadi tidak mengherankan bahwa banyak masjid di Indonesia memilih jenis kubah panel enamel untuk bangunan masjid mereka. 

Salah satunya adalah bangunan masjid Dato Tiro Islamic Center. Warna kubah jenis ini juga sangat bervariasi dan warnanya lebih cerah dibandingkan jenis kubah lainnya.

 Ini adalah daya tarik utama tentang kubah panel berenamel sehingga dipilih oleh orang Indonesia. Kubah ini juga tidak perlu dirawat setiap tahun karena bisa bertahan hingga 20 tahun. Jadi menghemat uang untuk pengeluaran masjid yang khas.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>