Jual Bibit Cengkeh Zanzibar

Pada dasarnya Bibit Cengkeh Zanzibar sendiri  merupakan jenis cengkeh yang hampir sama dengan jenis bibit cengkeh pada umumnya,dan hampir mirip pula dengan tanaman lainnya yang mana jenis itu sudah disiapkan di dalam bentuk bibit cengkeh zanzibar anakan ilah yang kemudian merupakan hasil dari budidaya yang ada di bebearpa penangkaran atau juga tersedia di pembudidaya dari biji cengkeh itu sendiri.

Jual Bibit Cengkeh Zanzibar

Ciri-Ciri Bibit Cengkeh Zanzibar

Pohon cengkeh zanzibar itu sendiri hampir mirip dengan jenis cengkeh lainnya,yang mana cengkeh zanzibar ini memiliki perbedaan yang mencolok dibanding dengan cengkeh lainnya,yang mana masing -masing yangcengkeh jenis zanzibar memiliki batang berwarna merah dan juga bertangkai merah,sedangkan cengkeh pada umumnya memiliki batang dan tangakai berwarna hijau.

Ciri Pohon Cengkeh Zanzibar

Bibit cengkeh zanzibar merupakan jenis cengkeh yang diambil dari tangkai yang terletak di  sebuah bunga yang mengering dan akan memiliki aroma yang berasal dari keluarga pohon myrtaceae. Tanaman ini merupakan tanaman rempah asli dari Indonesia  yang paling sering digunakan sebagai bumbu tambahan dari masakan baik masakan Indonesia. Selain sebagai bumbu makanan , cengkeh zanzibar ini juga merupakan salah satu bahan utama pembuatan rokok kretek khusus nya di wilayah Benua Afrika. Karena di Indonesia hanya jenis cengkeh biasa yang dijadikan bahan utama Rokok Kretek.

Jual Bibit Cengkeh Zanzibar

Selain dari warna tangkai  dan batang yang berbeda ,terdapat beberapa perbedaan dimana tinggi dari setiap jenis memang berbeda sedikit. Cengkeh zanzibar merupakan  jenis cengkeh memiliki beberapa ciri seperti bentuk daun yang mempunyai bagian tajuk seperti silinder dengan warna daun hijau kemerahan dan ada juga yang merah kehijauan atau juga merah menuju jingga . Selain itu juga , cengkeh zanzibar ini merupakan salah satu jenis cengkeh yang memiliki bentuk daun yang rindang atau ada juga yang sedikit lebat yang saking lebatnya akan menutupi seluruh batangnya yang ada di bawahnya. Di Indonesia sendiri , jenis cengkeh zanzibar  ini lebih sering di budidayakan di daerah Maluku hingga wilayah Nusa Tenggara Barat.

Budidaya Cengkeh Zanzibar

Setelah kita mengenal beberapa jenis cengkeh yang sering di budidayakan di Indonesia , selanjutnya kita akan sharing bagaimana cara budidaya cengekeh agar bisa menghasilkan cengkeh yang memiliki kualitas terbaik.

Mencari bibit yang unggul

Hampir sama dengan langkah-langkah membudidayakan beberapa tumbuhan lain , yaitu kita diharuskan untuk mencari bibit yang benar – benar unggul dan terbaik di kelasnya. Dalam hal ini bertujuan untuk agar hasil panen cengkeh zanzibar yang kita budidayakan nanti akan memiliki hasil dan kualitas terbaik alias tidak gagal.

Meyiapkan Lahan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan tanam untuk cengkeh anakan yang sudah kita beli  tadi. Ukuran luas dan kedalaman lubang lahan biasa menyesuaikan dari umur atau besar dari bibit yang sudah kita beli tadi biasanya lubang dan luas dari lubangnya itu sekitar 75x75x75

Selain itu juga pastikan tanah yang akan ditanami cengkeh merupakan tanah terbaik tanpa ada campuran tanah pasir dan juga memiliki Ph yang baik yaitu ph di atas 5. Apabila Phnya di bawah 5 bisa dengan memberikan kapur dumolit yang perbandingannya  1 ton per 1 hektar.

Dan untuk urusan tanah,zanzibar ini agak sedikit susah ketika akan ditanam,dan pastikan pula anda mengetahui jenis tanah yang cocok untuk budidaya cengkeh zanzibar ini dengan cara gemburkan dahulu tanah yang akan dijadikan media tanam dari cengkeh zanzibar ini dengan memberikan pupuk kompos 9 hari sebelum ditanam dan juga membersihkannya dari tanaman liar dan gulma-gulma yang akan mengganggu cengkeh untuk tumbuh dengan baik.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>