Harga Bibit Alpukat Mentega Siap Tanam

Tanaman buah alpukat alligator merupakan varietas yang cukup unggul dari tanaman buah Alpukat,yang mana untuk jenis alligator ini terbilang cukup langka di pasaran,karena memang ada beberapa factor yang menghambat tumbuh kembang tanaman buah ini.

Harga Bibit Alpukat Mentega Siap Tanam

Jenis Alpukat Mentega ini merupakan varian yang istemewa dari buah alpukat,hal ini dikarenakan alpukat alligator ini mempunyai ukuran yang sangat besar,dan tentunya mempunyai bentuk yang lonjong di bagian ujung dan membesar di bagian bawahnya,rasa dari buah Alpukat Mentega ini sangat pulen,serta mempunyai warna kulit hijau tua yang mengkilat.

Buah alpukat alligator ini sangat unik, dan juga jarang dilihat oleh kebanyakan orang,sehingga sangat berpeluang besar untuk dibudidayakan. Bobot buah Alpukat Mentega ini terbilang besar dan dikategorikan begitu fantastis,1 buah Alpukat Mentega ini bisa mencapai berat hingga,13 kilogram per buahnya.

Dari keseluruhan buah 65-70% dapat dikonsumsi. Tekstur daging buahnya sangat halus, tanpa serat, ditunjang dengan rasa manis gurih tanpa rasa pahit sedikitpun membuat citarasa alpukat alligator masuk dalam golongan istimewa.

Ukurannya sangat cocok juga sebagai buah meja untuk keluarga. Tanaman alpukat alligator bersifat genjah. Pada panen pertama pun kualitas buahnya sudah mantap, meskipun pohon sedang dalam taraf belajar berbuah. Maka bisa anda bayangkan ketika usia pohon sudah dewasa kualitasnya pun pasti akan meningkat.

Tanaman alpukat alligator ini bibitnya berasal dari hasil perbanyakan okulasi dan nantinya dapat tumbuh dengan optimal yang dapat tumbuh subur di dataran rendah hingga dataran tinggi atau tempat beriklim panas hingga sejuk. Cukup ditanam di tanah humus atau tanah yang sudah dicampur dengan kompos, pohon dapat berbuah di usia tanam 3-5 tahun.

Tanaman alpukat alligator ini jauh lebih efektif jika ditanam pada kontur tanah yang remah, bersifat lempung berpasir, dan banyak mengandung unsur hara. Selain itu lahan tanam harus memiliki kemampuan membuang air yang baik supaya tidak terjadi genangan di sekitar tanaman. Untuk lubng tanam, bisa ibuat dengan ukuran 75 x 75 x 75 cm dan dibiarkan terbuka dengan papaarn sinar matahari selama kurang lebih 2 minggu setelah digali.

Hal ini bertujuan untuk mematikan bakteri-bakteri yang ada dalam media tanam tersebut. Setelah itu isi setengah dari lubang menggunakan campuran tanah dan kompos. Barulah letakkan bibit di media tanam. Jangan lupa untuk selalu membuka polybag terlebih dahulu sebelum menanam bibit. Sedang untuk melakukan tahap pemupukan,pada tanaman dengan umur 1-4 tahun diberi urea sekitar 0,27-1,1 kg, TSP 0,5-1 kg dan KCI 0,2-0,83 kg per pohonnya. Untuk bibit Alpukat Mentega yang sudah berusia sekitar 5 tahun,maka pemberian pupuk urea antara 2,22-3,55 kg, TSP 3,2 kg, dan KCI 4 kg setiap pohonnya. Pemupukan sebaiknya dilakukan satu kali dalam satu tahun.

Untuk tahap penanaman nya juga dikategorikan cukup mudah yaitu hanya dengan membuat lubang tanam dengan kedalaman antara  30-40 cm dan pastikan lubang tersebut masing-masing melingkari seluruh bagian tanaman sebagai tempat pupuk. 

Apabila anda ingin menanam bibit alpukat mentega ini di dalam sebuah pot, maka agar anda dapat mengusahakan pot tersebut mempunyai diameter minimal 60 cm dengan media tanam berupa tanah humus. Tanaman bisa mencapai tinggi 500 cm, namun apabila menginginkan tanaman yang lebih pendek bisa disiasati dengan melakukan pemangkasan secara rutin.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>